Langsung ke konten utama

Laporan Penelitian

MAKALAH METODOLOGI PENELITIAN
LAPORAN PENELITIAN
Disusun untuk memenuhi tugas harian kelompok mata kuliah metodologi peneltian, jurusan S1 – Ekonomi Syariah
Dosen pengampu: Dr. Anton Bawono, M.Si.

logo-resmi-iain-salatiga.png

Disusun oleh:
1.        Chusnul Hadi (63020150058)
2.        Nur Arista Amalia (63020150090)
3.        Khoir Umi Laksana (63020160147)
4.        Muhammad Abdul Faza (63020160149)


FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SALATIGA
2017


KATA PENGANTAR


Assalamualaikum Wr. Wb
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmad, tauhid, hidayah, dan inayah Nya sehingga kami dapat menyusun makalah metodologi penelitian dengan judul “LAPORAN PENELITIAN” dengan baik. Tidak lupa sholawat serta salam senantiasa kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang kita nantikan safaat nya di Yaumul Akhir nanti.
Makalah ini yang berisikan tentang tata cara penulisan laporan penelitian yang baik dan benar kami persembahkan kepada para pembaca semua, semoga dapat dimanfaatkan dengan baik. Penulisan makalah ini tentunya tidak lepas dari kekurangan, baik dari segi isi maupun penulisan. Oleh sebab itu kritik dan saran sangat kami nantikan dari para pembaca.
Demikian yang dapat kami sampaikan, kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah melancarkan dalam penyusunan makalah ini.
Wassalamualaikum Wr. Wb

Salatiga,       November 2017


Penyusun






BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1.       Latar Belakang

Penelitian adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum. Dalam penelitian itu sendiri tentu saja diperlukan langkah – langkah tertentu untuk menghasilkan penelitian yang baik dan relevan. Setelah dilakukan penelitian tersebut, selanjutnya adalah menyusun laporan penelitian.
Laporan penelitian adalah hal yang sangat penting. Laporan ini memaparkan tentang apa yang telah kita teliti secara sistematis, sehingga orang lain dapat membaca tentang apa yang kita teliti. Dari beberapa bab yang telah didiskusikan sebelumnya, mulai dari jenis penelitian, proses penelitian, sampai pada hipotesis penelitian dituangkan dalam laporan penelitian. Oleh sebab itu pembahasan mengenai penyusunan laporan penelitian sangatlah penting.
Dalam pembahasan ini tidak hanya akan dibahas mengenai bagaimana menyususn penelitian yang telah dilakukan. Akan tetapi bagaimana format penulisan yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan EYD. Masri Singarimbun (1982) yang dikutip oleh Supardi dalam bukunya Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis menyatakan: “betapapun baiknya dilaksanakan tiap tahap sebelumnya dan bagaimanapun menariknya hasil penelitian itu, penilaian akhirnya baru dapat diberikan berdasarkan tulisan yang dihasilkan. Dengan demikian tambah lagi satu ramuan yang diperlukan untuk melaksanakan penelitian yakni kemampuan menulis. Ini tentunya erat kaitannya dengan kemampuan bahasa, kemampuan berfikir logis, dan runtut.”

1.2.       Rumusan Masalah

1.      Apa definisi dari laporan penelitian?
2.      Apa saja kaidah dalam penulisan laporan?
3.      Apa saja bagian – bagian laporan penelitian?
4.      Bagaimana susunan laporan penelitian?

1.3.       Tujuan

1.      Mengetahui definisi laporan penelitian.
2.      Mengetahui kaidah dalam penulisan laporan.
3.      Mengetahui bagian – bagian laporan penelitian.
4.      Mengetahui susunan laporan penelitian.


BAB II

PEMBAHASAN

2.1.       Definisi Laporan Penelitian

Laporan hasil penelitian merupakan rumpuan hasil karya ilmiah seseorang.[1] Keberhasilan setiap penelitian adalah terwujudnya laporan hasil penelitian. Keberhasilan setiap penelitian adalah terwujudnya laporan hasil penelitian. Seseorang dikatakan peneliti manakala seseorang tersebut telah menghasilkan karya penelitian dalam bentuk laporan penelitian. Hasil dan jerih payah peneliti adalah laporan penelirian tersebut.[2]
Dari pemaparan diatas dapat penulis simpulkan bahwa laporan penelitian adalah suatu karya tulis ilmiah yang tersusun secara sistematis yang memuat tentang suatu penelitian yang dilakukan. Mulai dari awal, proses, sampai akhir penelitian. Laporan penelitian harus dapat dipertanggungjawabkan kesesuaiannya dan relevan dengan hasil sesungguhnya penelitian / tidak ada unsur manipulasi.

2.2.       Kaidah Penulisan Laporan Penelitian

Kaidah penulisan ditentukan oleh lembaga dari kegiatan penelitian. Disini kami menuliskan kaidah yang secara umum dipakai public, antara lain:
1.      Ukuran laporan penelitian adalah kwarto (27x21 cm).
2.      Jarak spasi yang dipakai 1.5 spasi.
3.      Pemberian nomor halaman tanpa ada tanda baca dengan romawi kecil pada awal laporan, dan isi sampai bagian akhir dengan angka arab.
4.      Pembagian sub bab, secara umum ada dua model yang pokok. Dijelaskan pada lampiran 1.
5.     
6.     

2.3.       Bagian – bagian Laporan Penelitian

2.3.1.           Bagian awal
1.      Halaman judul
Halaman judul merupakan bagian yang berisi data paling umum dalam laporan. Halaman ini memuat judul penelitian, identitas peneliti, logo/lambang institusi, tahun penyusunan, maksud penyusunan.
2.      Halaman pengesahan konsultan
Pada halaman pengesahan ini dituliskan judul penelitian dan kalimat yang menyatakan persetujuan dan telah disahkan laporan penelitian.[3]
3.      Halaman summary
Summary dan kadang – kadang juga disebut dengan abstrak penelitian merupakan uraian secara singkat, padat yang menggambarkan hasil – hasil penelitian utama.[4] Intinya dalam abstrak ini berisi tentang maksud yang ingin disampaikan oleh seorang peneliti kepada para pembaca.
4.      Halaman kata pengantar
Halaman kata pengentar berisi tentang ucapan syukur dari penyusun atas terselesaikannya penyusunan, harapan yang diinginkan penulis terkait dengan laporannya, ucapan terimaksih kepada berbagai pihak dalam membantu penyusunan. Di halaman ini penyusun laporan biasanya juga menyertakan uraian singkat dari tujuan dan sistematika isi. Sehingga kata pengantar ini merupakan ucapan dalam bentuk tulisan dari penyusun kepada pembaca secara singkat mengenai laporannya.
5.      Halaman daftar isi
Daftar isi memudahkan pembaca untuk memahami alur penelitian. Didalamnya dituliskan item – item atau pokok pembahasan dalam penelitian dan disertakan dengan halaman. Ini juga akan mempermudah bagi para pembaca bila ingin mengutip hasil penyusunan.
6.      Halaman daftar table
Fungsinya sama dengan daftar isi. Hanya saja dalam halaman daftar ini yang ditmpilkan adalah semua daftar halaman tabel yang terdapat dalam laporan.
7.      Halaman daftar gambar grafik
Fungsinya sama dengan daftar isi. Hanya saja dalam halaman daftar ini yang ditmpilkan adalah semua daftar halaman gambar dan grafik yang terdapat dalam laporan.
8.      Halaman daftar lampiran – lampiran
Fungsinya sama dengan daftar isi. Hanya saja dalam halaman daftar ini yang ditmpilkan adalah semua daftar lampiran dan halamannya.
2.3.2.           Bagian isi
2.3.2.1.         Pendahuluan
Bab ini merupakan pengembangan lanjut dari judul dan merupakan keseluruhan rencana penelitian yang akan dilakukan. Pada bab pendahuluan akan membawa atau mengantar pembaca kedalam lingkup yang diteliti. Dalam bab pendahuluan biasanya diuraikan tentang: latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian.
2.3.2.2.         Telaah pustaka
Telaah pustaka berisi tentang pendekatan teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian. Pengambilan teori ini bisa melalui buku maupun hasil penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya yang sama atau hampir sama dengan yang akan kita lakukan. Dalam bab ini biasanya diuraikan tentang: landasan teori, kerangka pemikiran teoritis, penelitian terdahulu (bila ada), dan metode penelitian.
2.3.2.3.         Metodologi penelitian
Pada bab ini peneliti  dapat menuliskan beberapa hal yang berkaitan dengan uraian – uraian panjang dan jelas tentang: populasi dan sampel, variable penelitian dan definisi operasional, metode / instrumen pengumpulan data, rancangan analisis, dan gambaran rencana penelitian yang diuraikan secara singkat (supardi 217 – 218).
2.3.2.4.         Hasil penelitian
Bab ini merupakan bagian puncak dalam penyusunan laporan penelitian. Setelah sebelumnya diuraikan segala sesuatu yang membawa pada inti penelitian, maka ini adalah jawabannya. (supardi:218) juga mengatakan pada bab ini pula dilakukan analisis dan interprestasi (pembahasan) terhadap data – data hasil analisis baik secara kualitatif maupun kuantitatif.
2.3.2.5.         Kesimpulan dan saran
2.3.2.5.1.        Kesimpulan
Bagian ini menguraikan hasil – hasil dari analisis yang telah dilakukan peneliti (terdapat di bab hasil penelitian) secara singkat. Kalimat kesimpulan dibuat dalam bentuk pernyataan dan merupakan jawaban dari rumusan masalah. Kesimpulan yang ditarik disini haruslah sesuai dengan fakta dalam penelitian yang telah dilakukan dan harus dapat dipertanggungjawabkan.
2.3.2.5.2.        Saran
Bagian ini berisi tentang saran yang ingin disampaikan seoirang peneliti kepada pembaca. Saran ini haruslah berkaitan dengan penelitan yang dilakukan.
2.3.3.           Bagian akhir
Dalam bagian akhir ini biasanya berisi data berupa daftar pustaka dan lampiran – lampiran. Daftar pustakan merupakan sumber informaasi untuk pembaca mengenai sumber kepustakaan yang digunakan peneliti. Sementara lampiran dapat berupa rumusan penghitungan yang tidak dapat dimasukkan pada bagian inti, angket pertanyaan (jika ada), surat perizinan riset, dan yang lain yang penting untuk dituliskan tapi tidak dapat dimasukkan (mengganggu) apabila dimasukkan dalam bagian inti. Untuk penulisannya haruslah diberikan nomor lampiran dan judul yang telah disebutkan dalam daftar lampiran sebelumnya, yang mempermudah pembaca untuk memahaminya.

2.4.       Susunan Laporan Penelitian

Susunan disini adalah tata urutan atau sistematika laporan penelitian yang berlaku secara umum. Dalam berbagai lembaga, penulisan skema dapat berbeda – beda, dari penulis juga berbeda. Disini kami sajikan contoh pendapat tiga tokoh, yaitu Suharsimi Arikunto (1989), Moh. Nazir (1985), dan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Yang dijelaskan pada lampiran 2


BAB III

PENUTUP

3.1.       Kesimpulan

Laporan penelitian adalah suatu karya tulis ilmiah yang tersusun secara sistematis yang memuat tentang suatu penelitian yang dilakukan. mulai dari awal, proses, sampai akhir penelitian. Kaidah penulisan ditentukan oleh lembaga dari kegiatan penelitian, dan berbeda disetiap lembaganya. Begitu juga penyusunan laporan penelitian, juga ditentukan oleh lembaga atau sponsor tertentu. Sementara yang kami tuliskan adalah beberapa  kaidah dan susunan yang umum digunakan suatu lembaga.

3.2.       Saran

Karena laporan penelitian ini sangat penting dan juga sangat berpengaruh terhadap keabsahan suatu penelitian, maka penulis memberikan saran antara lain:
1.        Penulisan hendaknya disesuaikan dengan data hasil penelitian tanpa manipulasi
2.        Setiap lembaga dapat mempertanggungjawabkan hasil laporannya, karena akan dibaca dan kemungkinan sebagai referensi pembaca.
3.        Penulisan laporan penelitian mungkin lebih baik jika dibaku kan tidak berbeda ddisetiap lembaganya.





Daftar   pustaka


 

Kuncoro, M. (2016). Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi Edisi 4. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
Supriadi. (2005). Metodologi penelitian ekonomi dan bisnis. Yogyakarta: UII Perss.
Tika, M. P. (2006). Metodologi Riset Bisinis. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Lampiran 1

 
BAB III
GAMBARAN DATA PERUSAHAAN

A.    Sejarah
1.      Pendiri perusahaan
2.      Latar belakang
3.      Tujuan
Dst
B.     Susunan Organisasi
1.      Bentuk organisasi
2.      Tata kerja
a.       Direktur
b.      Manajer
a)        Keuangan
b)        Pemasaran
c.       Supervisor
3.      Program Kerja
4.       
 
 

















                                                                                   


 
BAB III
GAMBARAN DATA PERUSAHAAN

3.1.       Sejarah
3.1.1.           Pendiri perusahaan
3.1.2.           Latar belakang
3.1.3.           Tujuan
Dst
3.2.       Susunan Organisasi
3.2.1.           Bentuk organisasi
3.2.2.           Tata kerja
3.2.2.1.         Direktur
3.2.2.2.         Manajer
3.2.2.2.1.          Keuangan
3.2.2.2.2.          Pemasara
 
 




















Table 3MODEL 1.  Suharsini Arikunto (1989)
 
Lampiran 2

Bahan pendahuluan
1.      Halaman judul
2.      Kata pengantar
3.      Daftar isi
4.      Daftar table
5.      Daftar gambar
6.      Daftar lampiran
Gambar Laporan
BAB I Pendahuluan
A.    Permasalahan
B.     Rumusan Permasalahan
C.     Tujuan Penelitian
BAB II Tinjauan Pustaka
A.    Penelitian Terdahulu
B.     Landasan Teori
C.     Kerangka Berpikir
D.    Hipotesis
BAB III Metodologi
A.    Pemilihan Subjek
B.     Desain Penelitian
C.     Pengumpulan Data
BAB IV Pelaksanaan Penelitian
A.    Validasi Instrument
B.     Pengumpulan Data Dan Penyajian Data
C.     Analisis Data
D.    Hasil Analisis
BAB V Hasil Penelitian Dan Pembahasan
A.    Hasil Penelitian
B.     Pembahasan
C.     Diskusi
Bahan Penunjang
A.    Kepustakaan
B.     Indeks
 
 



















                                                                                                                     


Table 4.Moh. Nazir (1985)
 
1.      Judul
2.      Kata Pengantar
3.      Daftar Isi
4.      Pendahuluan
5.      Masalah Dan Tujuan Peneltian
6.      Metodologi Penelitian
7.      Pengolahan Data Dan Analisa
8.      Hasil Penelitian
9.      Ringkasan
10.  Daftar Rujukan
11.  Lampiran
 
 














[1] Supardi, Metodologi Penelitian Ekonomi Bisnis Islam,Yogyakarta,2005 hal. 197.
[2] Ibid hal 197
[3]Supardi, Metodologi Penelitian Ekonomi Bisnis Islam,Yogyakarta,2005  hal 209
[4] Ibid  hal 211

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsep dasar Kewirausahaan

KONSEP DASAR KEWIRAUSAHAAN Di susun untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan Dosen pengampu : Nur Budiarso, M.M. Di Susun oleh : Ardria Oxfa Fatekhah             (63020160060) Muhamad Abdul Faza                         (63020160149) S1 EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM INSTITUT AGAMA ISLAM NEGRI SALATIGA 2018 KATA PENGANATAR Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan Rahmat dan KaruniaNya sehingga makalah dengan judul “ Konsep Dasar Kewirausahaan ” ini dapat terselesaikan dengan baik. Tidak lupa ucapakan terimakasih kami kepada pihak –pihak yang telah membantu penyusunan makalah ini baik materi maupun nonmateri.             Makalah ini kami susun dengan maksimal dengan menggunakan berbagai referensi baik berupa buku maupun media internet. Maka kami mengucapkan terimakasih kepada pengarang buku yang kami kutip yang telah memberikan banyak sumbanga

PROPOSAL STUDI KELAYAKAN BISNIS ISLAM

PROPOSAL STUDI KELAYAKAN BISNIS ISLAM DOKTER (Donat Karakter) Di susun untuk memenuhi   tugas mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis Islam Dosen Pengampu : Endah Nur Fitriyani, S.Pd. M.M. Di susun oleh 1)         Nama         :Muhamad Abdul Faza 2)         Nim            : 63020160149 3)         Kelas         : 4D PRODI   EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISALM INSTITUT AGAMA ISLAM NEGRI SALATIGA 2018 KATA PENGANTAR Puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata’ ala, karena berkat rahmat-Nya kami bisa menyelesaikan tugas Proposal pada mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis Islam dengan usaha DOKTER (Donat Karakter) . Proposal ini diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis Islam.. Dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada Ibu Endah Nur Fitriyani, S.Pd. M.M. selaku dosen pengampu mata kuliah Studi Kelay

Pembayaran dan Standar Moneter Internasional

PEMBAYARAN DAN STANDAR MONETER INTERNASIONAL Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Ekonomi Moneter Islam Dosen pengampu :   Fathan Budiman, S.H.I, M.E.I. Di susun oleh : 1.       Aji Santosa                              (63020160116) 2.       Muhamad Abdul Faza                         (63020160149) Kelas   : 4E S1 EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM INSTITUT AGAMA ISLAM NEGRI SALATIGA 2018 KATA PENGANTAR DAFTAR ISI KATA PENGANTAR .. ii DAFTAR ISI . iii BAB 1 PENDAHULUAN .. 1 2.1       Latar Belakang . 1 2.2       Rumusan Masalah . 1 2.3       Tujuan . 1 BAB 2 PEMBAHASAN .. 2 2.1       Pengertian Standar Moneter Internasional 2 2.2       Perkembangan Sistem Moneter Internasional 2 2.3       Beberapa Saran Mengenai Standar Moneter Internasional 3 2.4       Pengertian Pembayaran Internasional 6 2.5       Cara Pembayaran Internasional 6 2.6       Alat Pembayaran Internasional