Langsung ke konten utama

PROPOSAL STUDI KELAYAKAN BISNIS ISLAM



PROPOSAL STUDI KELAYAKAN BISNIS ISLAM
DOKTER
(Donat Karakter)

Di susun untuk memenuhi  tugas mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis Islam
Dosen Pengampu : Endah Nur Fitriyani, S.Pd. M.M.







Di susun oleh
1)        Nama        :Muhamad Abdul Faza
2)        Nim           : 63020160149
3)        Kelas         : 4D




PRODI  EKONOMI SYARIAH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISALM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGRI SALATIGA
2018



KATA PENGANTAR


Puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata’ ala, karena berkat rahmat-Nya kami bisa menyelesaikan tugas Proposal pada mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis Islam dengan usaha DOKTER (Donat Karakter). Proposal ini diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis Islam..
Dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada Ibu Endah Nur Fitriyani, S.Pd. M.M. selaku dosen pengampu mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis Islam, sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal ini dengan judul DOKTER (Donat Karakter).
Penulis berharap kepada pembaca agar bisa menyampaikan kritik dan saran yeng sifatnya membangun demi kesempurnaan yang lebih baik untuk makalah ini. Semoga makalah ini memberikan informasi bagi pembaca,  mahasiswa dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.
Amin ya robbal alamin..



                                                                                                Penulis

                                                                          


BAB 1

PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang

Saat ini wisata kuliner di Indonesia di penuhi dengan berbagai macam variasi makanan, mulai dari cemilian, minuman kekinian, kua hingga berbagai macam macam jenis donat. Berbagai pengusaha kuliner mumutar otak untuk menyajikan maknan yang berbeda dan memiliki inovasi, hal tersebut dilakukan untuk menarik perhatian konsumen terhdap jenis makanan yang diproduksi. Tidak jarang sekarang ini kita temui makanan yang unik dan baru, sehingga kita tertarik untuk mencobanya.
Dalam hal ini penyusun merencanakan seatu usaha produksi makan yang unik dan beda dari yang lain yaitu “DOKTER (Donat Karakter)” degan beragam karakter yang unik,yang dapat membuat mata para calon pembeli terbuka lebar melihatnya. Penyusun memilih usaha ini karena dianggap layak dan banyak peminat khususnya bagi anak muda yang aktif di sosial media, dan juga dengan modal yang yang tidak terlalu banyak dan menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

1.2     Alasan Memilih Bisnis

Saya memilih usaha ini karena proses-prosesnya cukup mudah untuk pemula bagi kami yang baru mendirikan usaha baru. Selain itu usaha donat ini banyak pengusaha lain yang meminati usaha ini sehingga para pengusaha lainya berlomba-lomba mempromosikan donat dengan harga paling murah tetapi kualitas produk itu kurang terjamin dari segi apapun dengan untung yang didapat masih relative kecil.
Saya berbeda dengan menawarkan produk yang terjamin dari banyak segi baik kesehatan,kualitas,kuantitas dan brand produk tersebut dengan membuat rasa khas dengan bentuk donat berbeda. Maka saya telah menyiapkan semua rencana usaha dengan sedetail detailnya agar usaha ini semakin maju dan berkembang

1.3     Tujuan Bisnis

a.       Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
b.      Menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kwirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
c.       Mewujudkan kemampuan dan kemantapan dalam berwirausaha.
d.      Membudayakan semangat, sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan masyarakat.
e.       Berperan sebagai pencipta lapangan pekerjaan.

1.4     Analisis SWOT

Adapun analisis SWOT  terhdap bisnis ini adalah sebagai berikut :
a.    Strengths (Kekuatan)
1)      Penyajian dari donat inu sangatlah unik dan mempunya banyak varian karakter mulai dari tokoh  kartun seperti doraemon, upin ipin, Angry brids, dan masih banyak lagi.
2)      Harga dari donat ini cukup murah, sehingga dapat terjangakau oleh semua kalangan masyarakat atau konsumen
3)      Dokter atau donat karakter yang saya sajikan ini memiliki varian rasa yang beragam sehingga konsumen bebas meilih rasa yang di inginkan dan kualitas dari bahan pembuatan di jamin aman dan di jamin kebersihanya.
4)      Dalam pembuatan Dokter ini warna dan rasa di buat dari bahan yang aman dan terjamin kualitasnya tanpa ada bahan pewarna buatan dan bahan kimia berbahaya.
5)      Produk ini sangat mudah di pasarkan.
6)      Dalam satu produk terdiri dari beberapa bentuk, karakterdan rasa.
7)      Memiliki berbagai macam toping.
b.    Weakness (Kelemahan)
1)      Faktor tempat sangat mempengaruhi kelancaran usaha ini, karena apabila tempatnya kurang ramai maka permintaan konsumen akan sedikit.
2)      Tidak tahan untuk waktu yang lama.
3)      Faktor kenaikan bahan pangan atau sembakau juga dapat mengurangi permintaan dari konsumen.
4)      Mubutuhkan tenaga kerja yang mampu mebuat rasa khas, lezat, unik, dan bergizi.
c.    Oppertunities (Peluang/kesempatan)
1)      Banyak orang seperti anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua yang menyukai makanan donat.
2)      Masyarakat yang kini lebih pintar dan moderan yang lebih pintar dan modern yang lebih mementingkan kualitas produk dari pada harga murah.
3)      Gaya atau trend masyarakat modern khususnya anak muda yang tidak mau ketinggalan zaman buat mencoba atau membeli prodak baru.
d.   Threats (Ancaman)
1)      Adanya pesaing yang membuat Donat jenis lain dengan haraga setara.
2)      Kejenuhan konsumen.
3)      Biaya produksi yang terus naik.
4)      Munculnya produk yang lebih baik.


BAB 2

PEMBAHASAN


Usaha ini diberi nama DOKTER (Donat Karakter) usaha ini bergerak dibidang kuliner yang memperoduksi berbagai jenis donat karakter seperti tokoh kartun, animasi, hewan dan lain-lain yang selain mempunyai rasa yang enak, lezat, sehat namun juga unik. Dengan harapan mampu menjadi Donat yang digemari seluruh lapisan masyarakat dari anak-anak samapi dewasa.
Nama Badan Usaha       : DOKTER (Donat Karakter)
Pemilik                           : Muhamad Abdul Faza
Alamat                           :  Jl Tentara Pelajar, salatiga 50721
Untuk mendukung berdirinya usaha ini dibawah ini akan didiskripsikan aspek-aspek secara menyeluruh tentang usaha yang akan kita buat:

2.1     Aspek Hukum

Bentuk badan usaha yang saya dirikan ini adalah bentuk badan usaha perseorang atau persero, yaitu perushaan yang dimiliki oleh perseorangan, untuk mendirkinya tidak butuh persyartan khusus, dan tidak diperluknya organisasi yang besar.saya memilih usaha ini karena lebih efisien dalam menmbentuk laba maupun dalam bekerja. Beberapa dokumen hukum yang kami miliki berkaitan dengan aspek hukum diantaranya :
a.       Surat Ijin Usaha.
Kacang umpet HuHah akan mempersiapkan ijin usaha dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan.
b.      NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
Sebagai suatu unit usaha, Kacang Umpet HuHah akan mendaftarkan NPWP atas aktiva usaha ke departemen perpajakan setempat.
c.       SITU (Surat Ijin Tempat Usaha)
Kami akan mengajukan ke Dinas Daerah setempat untuk mendapatkan ijin usaha.
d.      Ijin domisili dan IMB
Karena kami akan membuka toko maka kami perlu melakukan perijinan untuk penggunaan sebidang tanah sebagai lahan tempat untuk berbisnis.

2.2     Aspek Lingkungan

Aspek lingkungan yang dekat dengan usaha DOKTER (Donat Karakter) kami adalah lingkungan industri. Aspek lingkungan ini lebih mengarah pada aspek persaingan. Akan banyak pendatang baru yang akan mencoba ide bisnis ini. Dan juga akan produk subtitusi atau penganti yang lebih menarik yang menurunkan minat pelngan untuk membeli DOKTER (Donat Karakter)

2.3     Aspek Pasar dan Pemasaran

                         2.3.1       Marketing MIX
a.       Produk
Dalam upaya memperlancar pemasaran produk yang harus senantiasa ditekankan adalah pengembangan produk yang berkesinambungan tanpa mengurangi rasa dan kualitas produk itu sendiri. Disamping itu untuk menarik pelanggan juga dibuat karakter yang unik dan lujiu dan cara pengemasan produk yang menarik yang mengikuti perkembangan zaman, sehingga produk tersebut semakin mempunyai karakter.
b.      Price (Harga)
Harga dalam startegi pemasaran adalah suatu komponen yang sangat relative untuk dilakukan tergantung jenis konsmen yang mana saya jadikan sebagai sasaran.
Dalam hal ini saya melihat dan meneliti bahwa kebanyakan pengusaha lainya berlomba-lomba membuat produk donat dengan menawarkan harga yang relative murah, jadi saya mempunyai peluang yang lebih besar untuk menjadikan mahasiswa dan masyarakat menegah keatas sebagai sasaran pemasaran.
Dalam penetapan harga berpegang bahwa kebijakan haraga didasarkan atas tingkat harga yang wajar bagi dua pihak yaitu konsumen dan produsen. Serta lebih penting lagi harus terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.
Bentuk Rincian
Total Penjualan
Rp. 12.000.000.-
Total Produksi
Rp. 6.000.000.-
Laba Kasar
Rp. 6.000.000.-
Biaya
Rp 1.500.000.-
Laba Bersih
Rp. 4.500.000.-

Harga beli per@ Rp. 1.000.- laba per@ dari bahan Rp. 1.000.-  sehingga yang memutuskan untuk menentukan harga jual produk sebesar Rp. 2.000.-.
c.       Promosi
1)             Dari Mulut ke Mulut
Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha ini, sehingga secara tidak langsung semua konsumen atau masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan apabila kita sudah diketahui disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk membeli donat karakter di tempat kita.
2)              Dengan Media Internet
Promosi juga dapat dilakukan dengan cara menggunkan media internet, seperti melalui facebook, Instagram, dan twitter. Karena sebagian besar masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kita.
3)      Pengembangan Produk
Pengembangan produk dari usaha ini dapat menambah rasa yang mungkin tidak ada dipesaing lain, seperti penambahan karakter, karakter yang akan menraik minat konsumen. Sehigga jangkauan pasar yabg dimilii semkain luas, dan tingkat loyalitas konsumenpun setiap harinya kian menungkat. Sayajuga menerima pesanan seperti pada acara-acara arisan, ulang tahun, dan acara resmi lainya.
4)      Selebaran
d.      Place
Distribusi adalah suatu kegiatan menyalurkan kepada konsumen yang mebutuhkan. Diusaha kami saluran distribusi pada kami dibagi menjadi dua macam yaitu:
1)      Distribusi Secara langsung.
Distribusi langsung yaitu distribusi sepeti produsen langsung menjual hasil produksi ke konsumen. karena usaha kami berbentuk toko maka pembeli bisa langsung mebeli ke produsen.
2)      Distribusi secara tidak langsung
Mengenai hal tersebut usaha kami mendistribusikan barang secara tidak langsung seperti dari Produsen, lalu ke Pengecer, lalu ke Konsumen. dengan cara ini di harapkan produk ini dapat dikenal oleh mayarakat luas.s
                    2.3.2       Aspek STP
a.       Segmentasi
Segmentasi pasar berarti membagi pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda yamg mungkin memerlukan produk atau marketing mix yang berbeda pula. Segmentasi pasar pada usaha kami adalah pelajar, mahasiswa dan para remaja.
b.      Tergeting
Targeting adalah melakukan evaluasi keaktifaan setiap segmen, kemudian memilih satu atau lebih segmen pasar untuk dilayani. Pada usaha kami target mencakup segala usia, baik anak-anak samapi dewasa.
c.       Positioning
Penentuan posisi pasar dilakukan setelah menentukan segmen mana yang akan dimasuki, maka harus pula menentukan posisi mana yang ingin ditempati dalam segmen tersebut. Posisi pasar pada usaha kami adalah menciptakan image di benak konsumen sebagai usaha yang memperoduksi inovasi makanan yang lezat, unik, dan banyak varian rasa.

2.4     Aspek Oprasional

2.4.1      Keadaan Pabrik dan Lokasi
Untuk lokasi yang digunakan untuk usaha, kami berencana untuk menyewa lahan parker atau lahan kosong dipinggir jalan atau tempat yang strategis. Karena masih tergolong usaha kecil maka dari itu kami tidak perlu menggunakan lahan yang terlalu luas
2.4.2      Aspek Mesin-mesin Produksi
Untuk mesin produksi kami hanya menggunakan alat-alat yang sangat sederhana sehigga kami dengan mudah menemukanya dan tidak terlalu susah untuk menggunakanya.
2.4.3      Sumber Bahan Baku
Sumber bahan baku dari pembuatan donat karakter kami mendapatkanya dengan mudah di pasar-pasar terdekatb karena harganya lebih murah dibanding dengan supermarket dan tempat lainya.

2.5     Aspek MSDM

2.5.1      Analisis Jabatan
2.5.2    Deskripsi dan Spesifikasi Pekerjaan
1.      Pemilik :
a.       Membuat kebijakan-kebijakan dalam perusahaan.
b.      Membuat keputusan dalam segala kegiatan usaha.
c.       Menjalankan perusahaan sesuai dengan visi dan misi perusahaan.
d.      Mengatur arus bahan baku yang diperlukan.
2.      Keuangan (kasir) :
a.       Melayani pembayaran dari konsumen yang berbelanja.
b.      Membuat laporan keuangan penjualan setiap harinya.
3.      Produksi (chef) :
a.       Memasak/membuat DOKTER (Donat Karakter) sesuai dengan pesanan yang diminta konsumen.
4.      Pelayan :
a.       Melayani konsumen yang datang ke toko.
b.      Memberi bantuan kepada konsumen yang memerlukan bantuan.
c.       Mempersilahkan konsumen masuk ke toko dengan ramah.
2.5.3   Rekrutmen
Pada usaha yang kami buat dalam perekrutan kariyawan baru kami membuat selebaran dan di tempel dijalan.
2.5.4   Roed Map
Keterangan
Bulan
januari
februari
maret
april
mei
Jun
Perencanaan Bisnis






Perizinan






Pembangunan






Perekrutan






Promosi






Pembukaan








2.6     Aspek Keuangan

Keungan merupakan rincian dari biaya-biaya yang diperlukan dalam memperlihatkan biaya produksi, modal (investasi untuk modal awal berdirinya usaha), perencanaan penjualn, proyeksi, cashflow,
                           2.6.1      Sumber Modal
Modal adalah kolektivitas dari barang-barang yang ada dalam proses produksi. Modal adalah suatu yang sangat penting untuk mendirikan usaha. Untuk usaha ini saya memakai dua sumber miodal yaitu dari modal sendiri dan modal luar. Saya mempunyai modal sendiri sebesar Rp 1.000.000,- saya juga meminjam modal dari Bank BRI Syariahs sebanyak Rp 6.000.000,-.
                           2.6.2      Investasi Awal
Pada tahap pertama untuk menekankan penggunaan nilai investasi secara efektif dan efisien :
Uraian
Jumlah
Modal Sendiri
Rp. 1.000.000
Modal Pembutan Produk
Rp. 150.000
Kemasan
Rp. 100.000
Bahan Pewarna Makanan
Rp. 100.000
Tepung Terigu
Rp. 150.000
Gula
Rp. 130.000
Telur
Rp. 100.000
Margarin
Rp. 50.000
Ragi
Rp. 100.000
Garam
Rp. 10.000
Gas
Rp. 110.000

                           2.6.3     Proyeksi Sumber Modal
Modal Sebesar Rp. 6.000.000,- direncanakan digunakan pembelian aktiva tertap sebesar Rp. 4.000.000,- diwujudkan dalam kas sebesar Rp. 3.000.000,-
NERACA AWAL
PER 1 JANUARI 2018
Aktifa                                                                          Kewajiban dan Modal
Aktiva Lancar
Jumalah
Hutang
Jumalah
Kas
3.000.000
Hutang Bank
6.000.000




Aktiva Tetap

Modal Sendiri

Peralatan
4.000.000
Peenyertaan
1.000.000




Jumlah
7.000.000
Jumlah
7.000.000

Mengingat keterbatasan dana maka rencana penjualan dalam 1 bulan perama direncanakanm sebagai berikut :


Produksi
No
Uraian
Jumlah Produksi (Unit/Potong)
Harga Satuan (Rp)
Jumalah Produk (Rp)
1
Februari
1.000
Rp. 1.000
Rp. 1.000.000
2
Maret
1.100
Rp. 1.000
Rp. 1.100.000
3
April
1.200
Rp. 1.000
Rp. 1.200.000
4
Mei
1.300
Rp. 1.000
Rp. 1.300.000
5
Juni
1.400
Rp. 1.000
Rp. 1.400.000
Jumlah
6.000

RP. 6.000.000

Penjualan
No
Uraian
Jumlah Produksi (Unit)
Harga Jual (Rp)
Jumlah Penjualan (Rp)
Laba (Rp)
1
Bulan 1
1.000
Rp. 2.000
Rp. 2.000.000
Rp. 1.000.000
2
Bulan 2
1.100
Rp. 2.000
Rp. 2.200.000
Rp. 1.100.000
3
Bulan 3
1.200
Rp. 2.000
Rp. 2.400.000
Rp. 1.200.000
4
Bulan 4
1.300
Rp. 2.000
Rp. 2.600.000
Rp. 1.300.000
5
Bulan 5
1.400
Rp. 2.000
Rp. 2.800.000
Rp. 1.400.000
Total
6.000


Rp. 6.000.000

                           2.6.4      Cash Flow
Uraian
Bulan/juta
Jumlah
Jan
Feb
Mar
Apr
Mei
Jun
Kas Awal

3.000
5.000
7.400
10.200
13.400

Penerimaan







Penyertaan/iuran
1.000





1.000
Pinjaman Bank
6.000





6.000
Penjualan Produk

8.000
8.800
9.600
10.400
11.200
48.000








Jumlah Penerimaan
7.000
11.000
13.800
17.000
20.600
24.600
55.000








Pengeluaran







Beli Barang

4.000
4.400
4.800
5.200
5.600
24.000
Beli Peralatan
4.000





4.000
Upah Tenaga Kerja

1.000
1.000
1.000
1.000
1.000
5.000
Angsuran Bank

500
500
500
500
500
2.500
Bagi Hasil Bank

60
60
60
60
60
300
Transport

440
440
440
440
440
2.200








Jumlah Pengeluran
4.000
6.000
6.400
6.800
7.200
7.600
34.000
Saldo Akhir
3.000
5.000
7.400
10.200
13.400
17.000


                           2.6.5      Laporan Laba Rugi
Laporan Laba Rugi
Per 31 Juni 2018
Uraian

Harga Pokok Penjualan
Rp. 24.000.000
Penjualan
Rp. 48.000.000
Laba Kotor
Rp. 24.000.000

Beban Usaha

Upah Tenaga Kerja
Rp. 5.000.000
Bagi Hasil Bank
Rp. 300.000
Transport
Rp. 2.200.000
Jumlah
Rp. 7.500.000
Laba Bersih
Rp. 16.500.000

                    2.6.6            Neraca Akhir
Neraca Akhir
Per-31 Juni 2018
Aktifa

Kewajiban Modal

Aktiva Lancar

Hutang

Kas
Rp. 17.000.000
Hutang Bank
Rp.  3.500.000




Aktiva Tetap

Modal Sendiri

Peralatan
Rp.  4.000.000
Penyertaan
Rp.  1.000.000


Laba Usaha
Rp. 16.500.000




Jumlah
Rp. 21.000.000
Jumlah
Rp. 21.000.000





BAB 3

PENUTUP

         3.1          Kesimpulan

Dan fakta yang ada saat ini, berdasarkan perencanaan yang saya buat ini, saya menyimpulkan bahwa banyak peluang-peluang usaha yang dapat kita manfaatkan. Dengan semua perencanaan dan usaha tersebut, saya memperkirakan akan memperoleh keberhasilan dalam belajar dan mohon maaf kepada semua pihak yang berperan dalam pembuatan proposal ini.
Usaha saya bergerak dalam bidang produksi DONAT tetap berusaha untuk mengedepankan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan.  Dalam pembuatan sampai penjualan DONAT yang merupakan produksi warga yang beralamat di salatiga. Usaha yang saya jalankan merupakan usaha kecil yang mendapat modal dari saya pribadi.

         3.2          Keputusan

Produk dapat dikatakan layak apabila Profitability Indeks lebih besar dari 1.

                                                             = 2,8
Hasil dari Profitability Indeks adalah 2,8sssss, maka bisnis ini dikatakan Layak karena hasilnya lebih besar dari 1.

s

Komentar

  1. CUKUP CUKUP UNTUK KEBIJAKSANAAN.
    PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA ADALAH SATU-SATUNYA JALAN KELUAR DARI KESULITAN KEUANGAN (karinarolandloancompany@gmail.com)
    whatsapp .... + 1585 708-3478
    facebook ..... elena karina roland
    instagram ..... karina roland

    Salam, pikiran yang hebat, Ini akan menjadi kesenangan terbesar saya menyelamatkan Individu dan perusahaan dari pemerasan, saya tahu tidak semua orang akan mau mengambil sendiri untuk mengungkapkan kebenaran pahit tentang Pinjaman online karena ketidakamanan, Waktu melakukannya dan semua itu. i ”m AFIZAH NAZERI, seorang pengusaha wanita terkemuka yang tinggal di TERENGGANU CITY OF MALAYSIA telah memutuskan untuk membagikan artikel ini kepada siapa saja yang berkepentingan sehingga mereka dapat belajar dan mendidik diri sendiri darinya. Ini buruk sampai Anda melihat kesaksian online tentang mendapatkan pinjaman dan itu ternyata palsu. Sungguh saya telah jatuh untuk trik itu berkali-kali sampai memperpanjang saya kehilangan hampir Rm14.000 total semua atas nama mendapatkan pinjaman untuk diinvestasikan dalam bisnis yang sangat menguntungkan. Setelah begitu banyak upaya yang gagal untuk mendapatkan pinjaman, saya dan Manajer saya online untuk melakukan pencarian menyeluruh dan menemukan perusahaan ini KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY tetapi sebelum mencobanya, kami juga melanjutkan untuk memastikannya nyata, periksa ulasan mereka dan juga pergi ke keberadaan dan kemampuan mereka. Kami sangat berhati-hati karena kami tidak ingin kehilangan sepeser pun lagi dan harapan terbesar kami, mereka memberikan sesuai tinjauan mereka dan memberi kami jumlah pinjaman yang kami inginkan sebesar Rm80.000. Sebuah kata untuk semua orang di luar sana ketika datang ke Pemberi Pinjaman Online hanya hubungi KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY melalui email: {karinarolandloancompany@gmail.com} atau whatsapp +1585 708-3478, dan pertimbangkan semua masalah keuangan Anda ditangani dan diselesaikan. # SHARE, Anda dapat menyelamatkan seseorang dari korban hari ini, Terima kasih.
    negara ...... Malaysia
    nama ......... Afizah Nazeri
    Jumlah yang disetujui ..... Rm80.000
    bank ....... BSN (Malaysia)
    email ....... afizahnazeri@gmail.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsep dasar Kewirausahaan

KONSEP DASAR KEWIRAUSAHAAN Di susun untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan Dosen pengampu : Nur Budiarso, M.M. Di Susun oleh : Ardria Oxfa Fatekhah             (63020160060) Muhamad Abdul Faza                         (63020160149) S1 EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM INSTITUT AGAMA ISLAM NEGRI SALATIGA 2018 KATA PENGANATAR Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan Rahmat dan KaruniaNya sehingga makalah dengan judul “ Konsep Dasar Kewirausahaan ” ini dapat terselesaikan dengan baik. Tidak lupa ucapakan terimakasih kami kepada pihak –pihak yang telah membantu penyusunan makalah ini baik materi maupun nonmateri.             Makalah...

Maksimisasi Keuntungan

MAKALAH TEORI EKONOMI MIKRO MAKSIMISASI KEUNTUNGAN Di susun untuk memenuhi tugas mata kuliah  Teori Ekonomi Mikro Dosen  pengampu :Widhiharso, M.Si Di  susun oleh : 1.      Muhamad Hanif Alwi    (63020160145) 2.      Muhamad Abdul Faza   (63020160149) 3.      Agus Tri Widodo           (63020160165) Kelas D S1 EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM INSTITUT AGAMA ISLAM NEGRI SALATIGA 2017 KATA PENGANTAR Dengan Mengucapakan Puji Syukur Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas kehendak nya kami telah dapat menyelesaikan makalah ini. meskipun banyak sekali kekurangan dan kesalahan didalamnya, namun kami berharap makalah ini dapat berfungsi sebagai penambah ilmu dan wawasan bagi kami dan para pembaca.  Makalah ini memuat tentang ...

Pembayaran dan Standar Moneter Internasional

PEMBAYARAN DAN STANDAR MONETER INTERNASIONAL Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Ekonomi Moneter Islam Dosen pengampu :   Fathan Budiman, S.H.I, M.E.I. Di susun oleh : 1.       Aji Santosa                              (63020160116) 2.       Muhamad Abdul Faza                         (63020160149) Kelas   : 4E S1 EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM INSTITUT AGAMA ISLAM NEGRI SALATIGA 2018 KATA PENGANTAR DAFTAR ISI KATA PENGANTAR .. ii DAFTAR ISI . iii BAB 1 PENDAHULUAN .. 1 2.1       Latar Belakang . 1 2.2       Rumusan Masalah . 1 2....