PROPOSAL
STUDI KELAYAKAN BISNIS ISLAM
DOKTER
(Donat
Karakter)
Di
susun untuk memenuhi tugas mata kuliah
Studi Kelayakan Bisnis Islam
Dosen
Pengampu : Endah Nur Fitriyani, S.Pd. M.M.
Di susun oleh
1)
Nama :Muhamad
Abdul Faza
2)
Nim :
63020160149
3)
Kelas : 4D
PRODI EKONOMI SYARIAH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISALM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGRI SALATIGA
2018
KATA PENGANTAR
Puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat Allah
Subhanahu wata’ ala, karena berkat rahmat-Nya kami bisa menyelesaikan tugas
Proposal pada mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis Islam dengan usaha DOKTER (Donat Karakter). Proposal ini diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah
Studi Kelayakan Bisnis Islam..
Dalam kesempatan ini
penulis mengucapkan terima kasih kepada Ibu Endah Nur Fitriyani, S.Pd. M.M.
selaku dosen pengampu mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis Islam, sehingga
penulis dapat menyelesaikan proposal ini dengan judul DOKTER (Donat Karakter).
Penulis berharap kepada
pembaca agar bisa menyampaikan kritik dan saran yeng sifatnya membangun demi
kesempurnaan yang lebih baik untuk makalah ini. Semoga makalah ini memberikan
informasi bagi pembaca, mahasiswa dan
bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi
kita semua.
Amin ya robbal alamin..
Penulis
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Saat ini wisata kuliner di Indonesia di penuhi dengan
berbagai macam variasi makanan, mulai dari cemilian, minuman kekinian, kua hingga
berbagai macam macam jenis donat. Berbagai pengusaha kuliner mumutar otak untuk
menyajikan maknan yang berbeda dan memiliki inovasi, hal tersebut dilakukan
untuk menarik perhatian konsumen terhdap jenis makanan yang diproduksi. Tidak
jarang sekarang ini kita temui makanan yang unik dan baru, sehingga kita
tertarik untuk mencobanya.
Dalam hal ini penyusun merencanakan seatu usaha
produksi makan yang unik dan beda dari yang lain yaitu “DOKTER (Donat
Karakter)” degan beragam karakter yang unik,yang dapat membuat mata para calon
pembeli terbuka lebar melihatnya. Penyusun memilih usaha ini karena dianggap
layak dan banyak peminat khususnya bagi anak muda yang aktif di sosial media,
dan juga dengan modal yang yang tidak terlalu banyak dan menghasilkan keuntungan
yang cukup besar.
1.2 Alasan Memilih Bisnis
Saya memilih
usaha ini karena proses-prosesnya cukup mudah untuk pemula bagi kami yang baru
mendirikan usaha baru. Selain itu usaha donat ini banyak pengusaha lain yang
meminati usaha ini sehingga para pengusaha lainya berlomba-lomba mempromosikan
donat dengan harga paling murah tetapi kualitas produk itu kurang terjamin dari
segi apapun dengan untung yang didapat masih relative kecil.
Saya berbeda
dengan menawarkan produk yang terjamin dari banyak segi baik kesehatan,kualitas,kuantitas
dan brand produk tersebut dengan membuat rasa khas dengan bentuk donat berbeda.
Maka saya telah menyiapkan semua rencana usaha dengan sedetail detailnya agar
usaha ini semakin maju dan berkembang
1.3 Tujuan Bisnis
a.
Memperoleh keuntungan yang
sebesar-besarnya.
b.
Menambah pengalaman dan
ilmu pengetahuan kwirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
c.
Mewujudkan kemampuan dan
kemantapan dalam berwirausaha.
d.
Membudayakan semangat,
sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan
masyarakat.
e.
Berperan sebagai pencipta
lapangan pekerjaan.
1.4 Analisis SWOT
Adapun analisis SWOT
terhdap bisnis ini adalah sebagai berikut :
a.
Strengths (Kekuatan)
1)
Penyajian dari donat inu
sangatlah unik dan mempunya banyak varian karakter mulai dari tokoh kartun seperti doraemon, upin ipin, Angry
brids, dan masih banyak lagi.
2)
Harga dari donat ini cukup
murah, sehingga dapat terjangakau oleh semua kalangan masyarakat atau konsumen
3)
Dokter atau donat karakter
yang saya sajikan ini memiliki varian rasa yang beragam sehingga konsumen bebas
meilih rasa yang di inginkan dan kualitas dari bahan pembuatan di jamin aman
dan di jamin kebersihanya.
4)
Dalam pembuatan Dokter ini
warna dan rasa di buat dari bahan yang aman dan terjamin kualitasnya tanpa ada
bahan pewarna buatan dan bahan kimia berbahaya.
5)
Produk ini sangat mudah di
pasarkan.
6)
Dalam satu produk terdiri
dari beberapa bentuk, karakterdan rasa.
7)
Memiliki berbagai macam
toping.
b.
Weakness (Kelemahan)
1)
Faktor tempat sangat
mempengaruhi kelancaran usaha ini, karena apabila tempatnya kurang ramai maka
permintaan konsumen akan sedikit.
2)
Tidak tahan untuk waktu
yang lama.
3)
Faktor kenaikan bahan
pangan atau sembakau juga dapat mengurangi permintaan dari konsumen.
4)
Mubutuhkan tenaga kerja
yang mampu mebuat rasa khas, lezat, unik, dan bergizi.
c.
Oppertunities
(Peluang/kesempatan)
1)
Banyak orang seperti
anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua yang menyukai makanan donat.
2)
Masyarakat yang kini lebih
pintar dan moderan yang lebih pintar dan modern yang lebih mementingkan
kualitas produk dari pada harga murah.
3)
Gaya atau trend masyarakat
modern khususnya anak muda yang tidak mau ketinggalan zaman buat mencoba atau
membeli prodak baru.
d.
Threats (Ancaman)
1)
Adanya pesaing yang membuat
Donat jenis lain dengan haraga setara.
2)
Kejenuhan konsumen.
3)
Biaya produksi yang terus
naik.
4)
Munculnya produk yang lebih
baik.
BAB 2
PEMBAHASAN
Usaha ini diberi nama DOKTER (Donat Karakter) usaha ini bergerak
dibidang kuliner yang memperoduksi berbagai jenis donat karakter seperti tokoh
kartun, animasi, hewan dan lain-lain yang selain mempunyai rasa yang enak,
lezat, sehat namun juga unik. Dengan harapan mampu menjadi Donat yang digemari
seluruh lapisan masyarakat dari anak-anak samapi dewasa.
Nama Badan Usaha : DOKTER (Donat
Karakter)
Pemilik :
Muhamad Abdul Faza
Alamat : Jl Tentara Pelajar, salatiga 50721
Untuk mendukung berdirinya usaha ini dibawah ini akan didiskripsikan
aspek-aspek secara menyeluruh tentang usaha yang akan kita buat:
2.1 Aspek Hukum
Bentuk badan usaha yang saya dirikan ini adalah bentuk
badan usaha perseorang atau persero, yaitu perushaan yang dimiliki oleh
perseorangan, untuk mendirkinya tidak butuh persyartan khusus, dan tidak
diperluknya organisasi yang besar.saya memilih usaha ini karena lebih efisien
dalam menmbentuk laba maupun dalam bekerja. Beberapa
dokumen hukum yang kami miliki berkaitan dengan aspek hukum diantaranya :
a. Surat
Ijin Usaha.
Kacang
umpet HuHah akan mempersiapkan ijin usaha dari Dinas Perindustrian dan
Perdagangan.
b. NPWP
(Nomor Pokok Wajib Pajak)
Sebagai
suatu unit usaha, Kacang Umpet HuHah akan mendaftarkan NPWP atas aktiva usaha
ke departemen perpajakan setempat.
c. SITU
(Surat Ijin Tempat Usaha)
Kami
akan mengajukan ke Dinas Daerah setempat untuk mendapatkan ijin usaha.
d. Ijin domisili
dan IMB
Karena
kami akan membuka toko maka kami perlu melakukan perijinan untuk penggunaan
sebidang tanah sebagai lahan tempat untuk berbisnis.
2.2 Aspek Lingkungan
Aspek lingkungan yang dekat dengan usaha DOKTER (Donat
Karakter) kami adalah lingkungan industri. Aspek lingkungan ini lebih mengarah
pada aspek persaingan. Akan banyak pendatang baru yang akan mencoba ide bisnis
ini. Dan juga akan produk subtitusi atau penganti yang lebih menarik yang
menurunkan minat pelngan untuk membeli DOKTER (Donat Karakter)
2.3 Aspek Pasar dan Pemasaran
2.3.1
Marketing MIX
a.
Produk
Dalam upaya
memperlancar pemasaran produk yang harus senantiasa ditekankan adalah
pengembangan produk yang berkesinambungan tanpa mengurangi rasa dan kualitas
produk itu sendiri. Disamping itu untuk menarik pelanggan juga dibuat karakter
yang unik dan lujiu dan cara pengemasan produk yang menarik yang mengikuti
perkembangan zaman, sehingga produk tersebut semakin mempunyai karakter.
b.
Price (Harga)
Harga dalam startegi pemasaran adalah
suatu komponen yang sangat relative untuk dilakukan tergantung jenis konsmen
yang mana saya jadikan sebagai sasaran.
Dalam hal ini saya
melihat dan meneliti bahwa kebanyakan pengusaha lainya berlomba-lomba membuat
produk donat dengan menawarkan harga yang relative murah, jadi saya mempunyai
peluang yang lebih besar untuk menjadikan mahasiswa dan masyarakat menegah
keatas sebagai sasaran pemasaran.
Dalam penetapan
harga berpegang bahwa kebijakan haraga didasarkan atas tingkat harga yang wajar
bagi dua pihak yaitu konsumen dan produsen. Serta lebih penting lagi harus
terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.
Bentuk
Rincian
Total Penjualan
|
Rp. 12.000.000.-
|
Total Produksi
|
Rp.
6.000.000.-
|
Laba Kasar
|
Rp. 6.000.000.-
|
Biaya
|
Rp 1.500.000.-
|
Laba Bersih
|
Rp. 4.500.000.-
|
Harga beli per@
Rp. 1.000.- laba per@ dari bahan Rp. 1.000.-
sehingga yang memutuskan untuk menentukan harga jual produk sebesar Rp.
2.000.-.
c.
Promosi
1)
Dari Mulut ke Mulut
Promosi ini merupakan promosi yang
paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi
ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk
mempromosikan usaha ini, sehingga secara tidak langsung semua konsumen atau
masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan apabila kita sudah diketahui disukai,
maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk membeli
donat karakter di tempat kita.
2)
Dengan Media Internet
Promosi juga dapat dilakukan dengan
cara menggunkan media internet, seperti melalui facebook, Instagram, dan
twitter. Karena sebagian besar masyarakat telah menggunakan media internet,
sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kita.
3)
Pengembangan Produk
Pengembangan produk dari usaha ini
dapat menambah rasa yang mungkin tidak ada dipesaing lain, seperti penambahan
karakter, karakter yang akan menraik minat konsumen. Sehigga jangkauan pasar
yabg dimilii semkain luas, dan tingkat loyalitas konsumenpun setiap harinya
kian menungkat. Sayajuga menerima pesanan seperti pada acara-acara arisan,
ulang tahun, dan acara resmi lainya.
4)
Selebaran
d.
Place
Distribusi adalah
suatu kegiatan menyalurkan kepada konsumen yang mebutuhkan. Diusaha kami
saluran distribusi pada kami dibagi menjadi dua macam yaitu:
1)
Distribusi Secara langsung.
Distribusi langsung yaitu distribusi
sepeti produsen langsung menjual hasil produksi ke konsumen. karena usaha kami
berbentuk toko maka pembeli bisa langsung mebeli ke produsen.
2)
Distribusi secara tidak
langsung
Mengenai hal tersebut usaha kami
mendistribusikan barang secara tidak langsung seperti dari Produsen, lalu ke
Pengecer, lalu ke Konsumen. dengan cara ini di harapkan produk ini dapat
dikenal oleh mayarakat luas.s
2.3.2
Aspek STP
a.
Segmentasi
Segmentasi pasar berarti membagi
pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda yamg mungkin memerlukan
produk atau marketing mix yang berbeda pula. Segmentasi pasar pada usaha kami
adalah pelajar, mahasiswa dan para remaja.
b.
Tergeting
Targeting adalah melakukan evaluasi
keaktifaan setiap segmen, kemudian memilih satu atau lebih segmen pasar untuk
dilayani. Pada usaha kami target mencakup segala usia, baik anak-anak samapi
dewasa.
c.
Positioning
Penentuan posisi pasar dilakukan setelah
menentukan segmen mana yang akan dimasuki, maka harus pula menentukan posisi
mana yang ingin ditempati dalam segmen tersebut. Posisi pasar pada usaha kami
adalah menciptakan image di benak konsumen sebagai usaha yang memperoduksi
inovasi makanan yang lezat, unik, dan banyak varian rasa.
2.4 Aspek Oprasional
2.4.1
Keadaan Pabrik dan Lokasi
Untuk lokasi yang
digunakan untuk usaha, kami berencana untuk menyewa lahan parker atau lahan
kosong dipinggir jalan atau tempat yang strategis. Karena masih tergolong usaha
kecil maka dari itu kami tidak perlu menggunakan lahan yang terlalu luas
2.4.2
Aspek Mesin-mesin Produksi
Untuk mesin
produksi kami hanya menggunakan alat-alat yang sangat sederhana sehigga kami
dengan mudah menemukanya dan tidak terlalu susah untuk menggunakanya.
2.4.3
Sumber Bahan Baku
Sumber bahan baku dari
pembuatan donat karakter kami mendapatkanya dengan mudah di pasar-pasar
terdekatb karena harganya lebih murah dibanding dengan supermarket dan tempat
lainya.
2.5 Aspek MSDM
2.5.1
Analisis Jabatan
2.5.2
Deskripsi
dan Spesifikasi Pekerjaan
1. Pemilik
:
a. Membuat
kebijakan-kebijakan dalam perusahaan.
b. Membuat
keputusan dalam segala kegiatan usaha.
c. Menjalankan
perusahaan sesuai dengan visi dan misi perusahaan.
d. Mengatur
arus bahan baku yang diperlukan.
2. Keuangan
(kasir) :
a. Melayani
pembayaran dari konsumen yang berbelanja.
b. Membuat
laporan keuangan penjualan setiap harinya.
3. Produksi
(chef) :
a. Memasak/membuat
DOKTER (Donat Karakter) sesuai dengan pesanan yang diminta konsumen.
4. Pelayan
:
a. Melayani
konsumen yang datang ke toko.
b. Memberi
bantuan kepada konsumen yang memerlukan bantuan.
c. Mempersilahkan
konsumen masuk ke toko dengan ramah.
2.5.3 Rekrutmen
Pada
usaha yang kami buat dalam perekrutan kariyawan baru kami membuat selebaran dan
di tempel dijalan.
2.5.4 Roed Map
Keterangan
|
Bulan
|
|||||
januari
|
februari
|
maret
|
april
|
mei
|
Jun
|
|
Perencanaan Bisnis
|
|
|
|
|
|
|
Perizinan
|
|
|
|
|
|
|
Pembangunan
|
|
|
|
|
|
|
Perekrutan
|
|
|
|
|
|
|
Promosi
|
|
|
|
|
|
|
Pembukaan
|
|
|
|
|
|
|
2.6 Aspek Keuangan
Keungan merupakan rincian dari biaya-biaya yang
diperlukan dalam memperlihatkan biaya produksi, modal (investasi untuk modal
awal berdirinya usaha), perencanaan penjualn, proyeksi, cashflow,
2.6.1
Sumber Modal
Modal adalah
kolektivitas dari barang-barang yang ada dalam proses produksi. Modal adalah
suatu yang sangat penting untuk mendirikan usaha. Untuk usaha ini saya memakai
dua sumber miodal yaitu dari modal sendiri dan modal luar. Saya mempunyai modal
sendiri sebesar Rp 1.000.000,- saya juga meminjam modal dari Bank BRI Syariahs
sebanyak Rp 6.000.000,-.
2.6.2
Investasi Awal
Pada tahap pertama untuk menekankan
penggunaan nilai investasi secara efektif dan efisien :
Uraian
|
Jumlah
|
Modal Sendiri
|
Rp. 1.000.000
|
Modal Pembutan Produk
|
Rp. 150.000
|
Kemasan
|
Rp. 100.000
|
Bahan Pewarna Makanan
|
Rp. 100.000
|
Tepung Terigu
|
Rp. 150.000
|
Gula
|
Rp. 130.000
|
Telur
|
Rp. 100.000
|
Margarin
|
Rp. 50.000
|
Ragi
|
Rp. 100.000
|
Garam
|
Rp. 10.000
|
Gas
|
Rp. 110.000
|
2.6.3
Proyeksi Sumber Modal
Modal Sebesar Rp. 6.000.000,-
direncanakan digunakan pembelian aktiva tertap sebesar Rp. 4.000.000,-
diwujudkan dalam kas sebesar Rp. 3.000.000,-
NERACA AWAL
PER 1 JANUARI 2018
Aktifa Kewajiban
dan Modal
Aktiva Lancar
|
Jumalah
|
Hutang
|
Jumalah
|
Kas
|
3.000.000
|
Hutang Bank
|
6.000.000
|
|
|
|
|
Aktiva Tetap
|
|
Modal Sendiri
|
|
Peralatan
|
4.000.000
|
Peenyertaan
|
1.000.000
|
|
|
|
|
Jumlah
|
7.000.000
|
Jumlah
|
7.000.000
|
Mengingat keterbatasan dana maka
rencana penjualan dalam 1 bulan perama direncanakanm sebagai berikut :
Produksi
No
|
Uraian
|
Jumlah
Produksi (Unit/Potong)
|
Harga
Satuan (Rp)
|
Jumalah Produk
(Rp)
|
1
|
Februari
|
1.000
|
Rp. 1.000
|
Rp. 1.000.000
|
2
|
Maret
|
1.100
|
Rp. 1.000
|
Rp. 1.100.000
|
3
|
April
|
1.200
|
Rp. 1.000
|
Rp. 1.200.000
|
4
|
Mei
|
1.300
|
Rp. 1.000
|
Rp. 1.300.000
|
5
|
Juni
|
1.400
|
Rp. 1.000
|
Rp. 1.400.000
|
Jumlah
|
6.000
|
|
RP. 6.000.000
|
Penjualan
No
|
Uraian
|
Jumlah
Produksi (Unit)
|
Harga
Jual (Rp)
|
Jumlah
Penjualan (Rp)
|
Laba (Rp)
|
1
|
Bulan 1
|
1.000
|
Rp. 2.000
|
Rp. 2.000.000
|
Rp. 1.000.000
|
2
|
Bulan 2
|
1.100
|
Rp. 2.000
|
Rp. 2.200.000
|
Rp. 1.100.000
|
3
|
Bulan 3
|
1.200
|
Rp. 2.000
|
Rp. 2.400.000
|
Rp. 1.200.000
|
4
|
Bulan 4
|
1.300
|
Rp. 2.000
|
Rp. 2.600.000
|
Rp. 1.300.000
|
5
|
Bulan 5
|
1.400
|
Rp. 2.000
|
Rp. 2.800.000
|
Rp. 1.400.000
|
Total
|
6.000
|
|
|
Rp. 6.000.000
|
2.6.4
Cash Flow
Uraian
|
Bulan/juta
|
Jumlah
|
|||||
Jan
|
Feb
|
Mar
|
Apr
|
Mei
|
Jun
|
||
Kas Awal
|
|
3.000
|
5.000
|
7.400
|
10.200
|
13.400
|
|
Penerimaan
|
|
|
|
|
|
|
|
Penyertaan/iuran
|
1.000
|
|
|
|
|
|
1.000
|
Pinjaman Bank
|
6.000
|
|
|
|
|
|
6.000
|
Penjualan Produk
|
|
8.000
|
8.800
|
9.600
|
10.400
|
11.200
|
48.000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Penerimaan
|
7.000
|
11.000
|
13.800
|
17.000
|
20.600
|
24.600
|
55.000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pengeluaran
|
|
|
|
|
|
|
|
Beli Barang
|
|
4.000
|
4.400
|
4.800
|
5.200
|
5.600
|
24.000
|
Beli Peralatan
|
4.000
|
|
|
|
|
|
4.000
|
Upah Tenaga Kerja
|
|
1.000
|
1.000
|
1.000
|
1.000
|
1.000
|
5.000
|
Angsuran Bank
|
|
500
|
500
|
500
|
500
|
500
|
2.500
|
Bagi Hasil Bank
|
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
300
|
Transport
|
|
440
|
440
|
440
|
440
|
440
|
2.200
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Pengeluran
|
4.000
|
6.000
|
6.400
|
6.800
|
7.200
|
7.600
|
34.000
|
Saldo Akhir
|
3.000
|
5.000
|
7.400
|
10.200
|
13.400
|
17.000
|
|
2.6.5
Laporan Laba Rugi
Laporan Laba Rugi
Per 31 Juni 2018
Uraian
|
|
Harga Pokok Penjualan
|
Rp. 24.000.000
|
Penjualan
|
Rp. 48.000.000
|
Laba Kotor
|
Rp. 24.000.000
|
Beban Usaha
|
|
Upah Tenaga Kerja
|
Rp. 5.000.000
|
Bagi Hasil Bank
|
Rp. 300.000
|
Transport
|
Rp. 2.200.000
|
Jumlah
|
Rp. 7.500.000
|
Laba Bersih
|
Rp. 16.500.000
|
2.6.6
Neraca Akhir
Neraca Akhir
Per-31 Juni 2018
Aktifa
|
|
Kewajiban
Modal
|
|
Aktiva Lancar
|
|
Hutang
|
|
Kas
|
Rp. 17.000.000
|
Hutang Bank
|
Rp. 3.500.000
|
|
|
|
|
Aktiva Tetap
|
|
Modal Sendiri
|
|
Peralatan
|
Rp. 4.000.000
|
Penyertaan
|
Rp. 1.000.000
|
|
|
Laba Usaha
|
Rp. 16.500.000
|
|
|
|
|
Jumlah
|
Rp. 21.000.000
|
Jumlah
|
Rp. 21.000.000
|
BAB 3
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dan fakta yang
ada saat ini, berdasarkan perencanaan yang saya buat ini, saya menyimpulkan
bahwa banyak peluang-peluang usaha yang dapat kita manfaatkan. Dengan semua
perencanaan dan usaha tersebut, saya memperkirakan akan memperoleh keberhasilan
dalam belajar dan mohon maaf kepada semua pihak yang berperan dalam pembuatan
proposal ini.
Usaha saya
bergerak dalam bidang produksi DONAT tetap berusaha untuk mengedepankan
pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Dalam pembuatan sampai penjualan DONAT yang
merupakan produksi warga yang beralamat di salatiga. Usaha yang saya jalankan
merupakan usaha kecil yang mendapat modal dari saya pribadi.
3.2 Keputusan
Produk dapat dikatakan layak apabila Profitability
Indeks lebih besar dari 1.
= 2,8
Hasil
dari Profitability Indeks adalah 2,8sssss, maka bisnis ini dikatakan Layak karena hasilnya lebih besar dari
1.
s
CUKUP CUKUP UNTUK KEBIJAKSANAAN.
BalasHapusPERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA ADALAH SATU-SATUNYA JALAN KELUAR DARI KESULITAN KEUANGAN (karinarolandloancompany@gmail.com)
whatsapp .... + 1585 708-3478
facebook ..... elena karina roland
instagram ..... karina roland
Salam, pikiran yang hebat, Ini akan menjadi kesenangan terbesar saya menyelamatkan Individu dan perusahaan dari pemerasan, saya tahu tidak semua orang akan mau mengambil sendiri untuk mengungkapkan kebenaran pahit tentang Pinjaman online karena ketidakamanan, Waktu melakukannya dan semua itu. i ”m AFIZAH NAZERI, seorang pengusaha wanita terkemuka yang tinggal di TERENGGANU CITY OF MALAYSIA telah memutuskan untuk membagikan artikel ini kepada siapa saja yang berkepentingan sehingga mereka dapat belajar dan mendidik diri sendiri darinya. Ini buruk sampai Anda melihat kesaksian online tentang mendapatkan pinjaman dan itu ternyata palsu. Sungguh saya telah jatuh untuk trik itu berkali-kali sampai memperpanjang saya kehilangan hampir Rm14.000 total semua atas nama mendapatkan pinjaman untuk diinvestasikan dalam bisnis yang sangat menguntungkan. Setelah begitu banyak upaya yang gagal untuk mendapatkan pinjaman, saya dan Manajer saya online untuk melakukan pencarian menyeluruh dan menemukan perusahaan ini KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY tetapi sebelum mencobanya, kami juga melanjutkan untuk memastikannya nyata, periksa ulasan mereka dan juga pergi ke keberadaan dan kemampuan mereka. Kami sangat berhati-hati karena kami tidak ingin kehilangan sepeser pun lagi dan harapan terbesar kami, mereka memberikan sesuai tinjauan mereka dan memberi kami jumlah pinjaman yang kami inginkan sebesar Rm80.000. Sebuah kata untuk semua orang di luar sana ketika datang ke Pemberi Pinjaman Online hanya hubungi KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY melalui email: {karinarolandloancompany@gmail.com} atau whatsapp +1585 708-3478, dan pertimbangkan semua masalah keuangan Anda ditangani dan diselesaikan. # SHARE, Anda dapat menyelamatkan seseorang dari korban hari ini, Terima kasih.
negara ...... Malaysia
nama ......... Afizah Nazeri
Jumlah yang disetujui ..... Rm80.000
bank ....... BSN (Malaysia)
email ....... afizahnazeri@gmail.com